Monday, April 2, 2018

Trik agar cabe berbuah Lebat dan produksi meningkat

Trik agar cabe berbuah Lebat dan produksi meningkat 
Artil ini saya tulis dari hasil pengalaman pribadi selama bertahun-tahun menanam cabe khusus nya cabe rawit dan cabe merah keriting.

Kita disini masih sama sama belajar tidak ada yang lebih hebat atau lebih pintar tapi saya cuma ingin berbagi pengalaman agar bisa bermanfaat khususnya untuk petani cabe yang masih pemula.

Sebenarnya ada banyak trik yang bisa kita lakukan agar cabe cepat berbuah Lebat

Tapi yang akan saya bahas disini  adalah cara/trik yang pernah saya lakukan selama menanam cabe dan yang sudah terbukti bisa membuat tanaman cabe cepat berbuah Lebat.

Tapi sebelum melakukan Cara/trik yang akan saya bagikan yang paling penting ketika menanam cabe adalah:

1.lahan yang akan kita tanamani cabe harus bebas dari naungan :Meskipun tanaman cabe dapat berbuah pada lahan yang 50 % ternaungi tapi produksi sangat minim jauh dari potensinya.

2.pengapuran tanah yang masam :jika tanah yang kita tanamani cabe dalam keadaan masam atau basa maka pupuk yang kita berikan tidak akan terserap oleh tanaman.

3.penggunaan mulsa plastik hitam perak :selain untuk menekan pertumbuhan gulma dan menekan perkembangan hama maupun penyakit penggunaan mulsa plastik hitam perak juga bisa meningkatkan produksi tanaman cabe 

4.varietas benih cabe yang cocok dengan ketinggian tempat kita:  sebelum menanam cabe kita harus memilih benih cabe yang cocok dengan ketinggian tempat kita karena misalkan kita menanam cabe untuk dataran rendah kita tanam untuk dataran tinggi maka tanaman cabe tidak bisa berbuah atau cuma berbuah sangat minim sekali.

Trik agar cabe berbuah Lebat




Gambar diatas tanaman cabe Lado f1 dataran tinggi umur 5 minggu



Trik agar cabe berbuah Lebat dan produksi meningkat 

1.pemadatan gulutan :

Salah satu Trik agar cabe cepat berbuah Lebat adalah dengan teknik pemadatan gulutan.

pemadatan gulutan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman cabe apalagi jika menanam cabe pada musim kemarau. dengan pemadatan gulutan banyak manfaat yang kita dapatkan yang pertama:

1#tanaman cabe bisa lebih cepat tumbuh subur karena kocoran pupuk bisa lebih lama berada disekitar akar tanaman tidak mudah meresap ke bawah.

2#jika menanam cabe pada musim kemarau tanaman tidak mudah layu karena setelah melakukan penyiraman tanah tetap lembab tidak mudah kering dan kita tidak perlu terlalu sering memberikan air.

3#jika menanam cabe pada musim hujan akar tanaman cabe yang masih kecil tidak rusak oleh guyuran air hujan.

dengan pemadatan gulutan tanaman cabe lebih cepat tumbuh subur jika kita bandingkan dengan tanaman cabe dengan gulutan yang tidak kita padatkan.
Cara merawat tanaman cabe keriting cara merawat tanaman cabe rawit cara merawat tanaman cabe besar
Gambar cabe lado umur 2bulan

Cara membuat gulutan# yang pertama:
1.lahan harus bersih dari rumput atau sisa tanaman sebelumnya:lakukan penyemprotan herbisida terlebih dahulu agar rumput lebih mudah untuk kita bersihkan.

2.pencangkulan tanah cukup cangkul tanah sedalam 30cm dan balik kemudian gemburkan,tahap ini kita bisa langsung membuat gulutan atau kita bisa biarkan tanah selama satu minggu. Saya lebih sering langsung membuat gulutan setelah penggemburan tanah 

Yang terakhir adalah pemadatan gulutan untuk memadatkan gulutan cukup dengan berjalan menyamping pada pinggir gulutan .Karena yang kita padatkan cuma bagian pinggir pinggir gulutan saja atau tempat bibit cabe kita tanam nanti,bagian tengah gulutan tidak perlu kita padatkan karena nanti lama lama bisa padat sendiri.





2.pemberian pupuk dasar pada tengah gulutan 

Pemberian pupuk dasar di tengah gulutan lebih irit dan lebih efektif daripada pemberian pupuk dasar dengan cara di sebar merata pada gulutan.

Jika kita memberikan pupuk dasar dengan cara disebar merata pada gulutan maka banyak pupuk yang tidak semuanya bisa diserap oleh akar tanaman cabe.

Pemberian pupuk dasar pada tengah gulutan agar pupuk hanya dimanfaatkan tanaman cabe untuk pertumbuhan generatif.

Seperti pembentukan bunga,buah dan pembesaran buah jadi produksi tanaman cabe bisa maksimal.Untuk tanaman cabe yang masih kecil kita bisa memberikan pupuk kocor.

Pemberian pupuk dasar pada tengah gulutan caranya cukup dengan mencangkul di tengah gulutan atau seperti membuat parit pada tengah gulutan.tidak perlu dalam dalam dan selebar cangkul saja panjang sesuai gulutan.

kemudian sebar pupuk di tengah gulutan yang sudah kita cangkul tadi dah tutup dengan tanah kemudian ratakan.



3.pemberian pupuk kandang pada lubang tanam 

Jika kita tidak sempat memberikan pupuk kandang sebagai pupuk dasar maka dengan pemberian pada lubang tanam pupuk kadang lebih irit dan efektif

Sebelum bibit cabe kita tanam, lubang kita beri pupuk kandang yang sudah matang atau sudah berwarna hitam,pemberian pupuk kandang pada lubang tanam akan membuat tanaman lebih subur.

dan apabila menanam cabe pada musim kemarau dengan pemberian pupuk kandang pada lubang tanam maka tanah tidak mudah kering jadi tidak perlu terlalu sering untuk memberikan air pada tanaman cabe yang masih kecil.

biasanya saya menggunakan kotoran ayam atau kotoran kambing.pemberian pupuk kadang lebih baik 7hari sebelum bibit kita tanam karena pupuk kandang sudah membusuk dan siap untuk diserap oleh akar tanaman.

4.kocor pupuk calsium pada tanaman cabe 

Selain pupuk NPK pemberian pupuk calsium sangat penting terhadap pertumbuhan dan juga produksi tanaman cabe karena tanaman cabe terutama tanaman cabe merah keriting dan cabe merah besar sangat rakus terhadap unsur calsium.

Kekurangan calsium pada tanaman cabe sangat sering terjadi khususnya petani pemula bisa disebabkan karena pemberian pupuk NPK yang berlebihan atau memang pemberian pupuk calsium yang diabaikan.

Gejala kekurangan calsium pada tanaman cabe: pertumbuhan berhenti sebelum waktunya,daun muda menguning,tangkai bunga menguning dan gugur jika sudah berbuah banyak ujung buah yang busuk/menguning dan buah masak tidak sempurna.

Saat melakukan pengocoran pada tanaman cabe selain pupuk NPK pupuk calsium juga harus diberikan dan pupuk calsium harus diberikan lebih banyak ketika tanaman sudah mulai berbuah.





5.penyemprotan pupuk daun dan hormon pada tanaman cabe 

Penyemprotan pupuk daun untuk memberikan unsur hara pada tanaman cabe melalui daun terutama unsur hara mikro karena kita hanya memberikan pupuk makro melalui akar

Meskipun Unsur hara mikro hanya dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang sedikit tapi sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman.

Penyemprotan pupuk daun dimulai ketika tanaman umur 3 hari setelah tanam agar tanaman cabe cepat mendapatkan unsur hara, saya menggunakan pupuk daun GANDASIL D untuk tanaman cabe masih kecil, dosis satu sendok makan untuk satu tengki.

Setelah 2 hari kita melakukan penyemprotan pupuk daun biasanya daun sudah kelihatan hijau meskipun kita belum melakukan pengocoran pupuk pada tanaman cabe.


Penyemprotan hormon: untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman kita bisa menambahkan HORMON saat melakukan penyemprotan pupuk daun sebagai pupuk penyubur tanaman cabe.

Biasanya hormon yang saya gunakan adalah hormon jimy hantu menurut saya cukup bagus untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman cabe.

Kandungan hormon jimy hantu adalah: gibberelin, auksin, sitokinin(kinetin), zeatin dan 17 asam amino.

Fungsi pada tanaman:

1#daun: jadi Lebat, lebar, mengkilap dan tidak mudah gugur

2#batang:mempercepat perkembangan batang dalam melakukan pembelahan sel.sehingga cepat besar dan kokoh.

3#bunga:cepat keluar dan tidak mudah gugur.

4#buah:mempercepat putik bunga jadi buah.buah jadi lebih padat, besar, dan berisi.

5#akar:mempercepat pertumbuhan akar baru dan kokoh.


Penyemprotan pupuk daun GANDASIL D dan hormon diatas sampai tanaman cabe umur satu bulan.

Untuk penyemprotan tanaman cabe umur satu bulan keatas kita bahas pada artikel yang lain karena kalau kita bahas disini akan terlalu panjang.

Demikian yang bisa saya sampaikan cara merawat cabe agar cepat berbuah Lebat semoga bisa bermanfaat 

No comments:

Post a Comment