Tuesday, April 10, 2018

Cara ampuh mengatasi hama trips yang bandel

Cara pengendalian hama trips pada tanaman cabe 
Artikel ini saya tulis dari hasil pengalaman pribadi selama bertahun-tahun menanam cabe sampai saat ini.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk petani cabe khususnya petani cabe yang pemula untuk mengendalikan hama trips.



Gambar hama trips

Gambar hama trips 

1.Thrips (parvispinus karny)
a.gejala serangan :Hama ini menyerang tanaman cabe dengan cara menghisap carian permukaan bawah daun terutama daun muda atau daun bagian pucuk dan juga pada bunga.

Serangan ditandai dengan adanya bercak keperak perakan.daun yang terserang berubah warna menjadi coklat tembaga,mengeriting atau keriput dan akhirnya mati.

pada serangan berat menyebabkan daun,tunas atau pucuk menggulung ke dalam dan muncul benjolan seperti tumor.Pertumbuhan tanaman menjadi terhambat dan kerdil bahkan pucuk tanaman menjadi mati.

Hama ini bersifat polifag dengan tanaman inang utama cabe, bawang merah, bawang daun,jenis bawang lainnya dan juga tomat.

Sedangkan tanaman inang lainnya tembakau, kopi, ubi jalar,waluh,kapas bayam kentang dan kacang kacangan.

Pada musim kemarau perkembangan hama sangat cepat, sehingga populasi lebih tinggi sedangkan pada musim penghujan populasinya akan berkurang karena banyak thrips yang mati akibat tercuci oleh air hujan.

Hama ini menjadi vektor virus mosaik dan virus keriting ini yang berbahaya karena jika tanaman terkena virus maka tanaman tidak akan bisa sembuh karena sampai saat ini belum ada pestisida yang bisa mengobati penyakit virus jadi pencegahan hama ini lebih baik dari pada mengatasinya.


cara mengatasi hama thrips pada cabai:hama inilah yang menjadi hama utama pada tanaman cabe Biasanya serangan parah ketika tanaman masih kecil atau dalam masa pertumbuhan dan akan berkurang saat tanaman sudah mulai berbunga karena hama ini lebih suka menyerang bunga cabe.

Hama ini penyebab daun cabe keriting dan Serangan parah pada bunga akan menyebabkan bunga cabe rontok.

Jika serangan hama ini tidak segera diatasi dengan tepat maka pertumbuhan tanaman cabe akan terhambat dan menyebabkan produksi menurun bahkan bisa menyebabkan gagal panen.

Sebenarnya hama ini tidak terlalu sulit untuk di atasi jika kita melakukan pengendalian dengan cara yang benar dengan melakukan penyemprotan insektisida dan melakukan penggiliran insektisida.

Jangan melakukan penyemprotan insektisida dengan dosis yang lebih tinggi dari dosis anjuran yang tertera pada kemasan karena selain boros juga dapat menyebabkan tanaman cabe keracunan bahan aktif insektisida.

Saya akan bagikan cara pencegahan agar tanaman cabe tidak sampai keriting akibat dari serangan hama ini dan juga cara mengatasi untuk tanaman cabe yang sudah terserang.




Cara ampuh mengatasi hama trips pada tanaman cabe 

Kita harus melakukan penyemprotan insektisida untuk mencegah ataupun untuk mengatasi hama ini dan melakukan penyemprotan secara rutin 3hari sekali jika seranganya cukup parah.

awal saya menggunakan insektisida untuk mencegah/mengendalikan hama trips ketika tanaman cabe umur 7 hari setelah tanam dan melakukan penyemprotan dengan interval 3hari sekali karena untuk tanaman cabe yang masih muda hama trips sangat ganas melakukan serangan.

Obat trips yang ampuh atau INSEKTISIDA yang biasanya saya gunakan untuk membasmi hama trips adalah insektisida dengan bahan aktif abamectin dan imidakloprid 

untuk bahan aktif abamektin beda merk harga bisa jauh berbeda ada yang murah dan ada yang mahal dan menurut saya kemampuanya sama untuk mengatasi hama trips 

insektisida abamektin yang sering saya pakai adalah merk CRONUS karena harga lebih murah dan yang paling penting cukup ampuh untuk mengatasi hama trips.

Untuk bahan aktif imidakloprid yang sering saya gunakan adalah merk BESWIDOR atau bisa menggunakan insektisida bahan aktif imidakloprid merk lain yang mudah di dapat di toko PERTANIAN terdekat.

Untuk melakukan penyemprotan insektisida untuk membasmi hama trips harus fokus pada daun pucuk atau daun muda  karena hama ini lebih suka berada di sana ketika tanaman cabe masih dalam masa pertumbuhan.



Cara penggiliran insektisida pada tanaman cabe 


Kita harus melakukan penggiliran insektisida untuk membasmi/pencegahan hama trips agar tidak mengalami kekebalan terhadap bahan aktif insektisida.

Strategi pergiliran penggunaan insektisida/akarisida dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1.Pada periode tiga minggu pertama diaplikasikan insektisida/ akarisida dengan kode cara kerja yang sama.

2.Pada periode tiga minggu kedua diaplikasikan insektisida/ akarisida yang kode cara kerjanya berbeda dengan kode cara kerja pada periode tiga minggu pertama

3.Pada periode tiga minggu ketiga diaplikasikan insektisida/ akarisida yang kode cara kerjanya berbeda dengan kode cara kerja pada periode tiga minggu pertama dan kedua

4.Pada periode tiga minggu keempat dan selanjutnya kembali mengikuti pola dari periode tiga minggu pertama

Cara tersebut dilakukan dengan alasan bahwa selama satu periode daur hidup yang berlangsung ± 3 minggu, hama tersebut hanya terpapar oleh insektisida/ akarisida dengan cara kerja yang sama dan generasi berikutnya mendapat paparan insektisida. akarisida dengan cara kerja yang berbeda.

Dengan demikian kesempatan hama untuk mendetoksifikasi suatu jenis insektisida/ akarisida dapat dikurangi sehingga terjadinya resistensi hama dapat ditekan.


Contoh penggiliran insektisida untuk mengendalikan hama trips pada tanaman cabe:yang  saya lakukan.

minggu pertama sampai minggu ke tiga :saya gunakan insektisida BESWIDOR dengan bahan aktif imidakloprid atau bisa menggunakan merk lain yang penting bahan aktif imidakloprid.

Minggu ke 4 sampai minggu ke 7: gunakan insektisida dengan bahan aktif abamektin biasa saya menggunakan merk CRONUS atau bisa menggunakan merk lain seperti demolish,agrimec maupun asmec dll bahan aktif ini selain untuk membasmi hama juga bisa membuat daun lebih hijau.

Minggu ke 8 sampai minggu 11: bisa menggunakan insektisida dengan bahan yang berbeda dari minggu sebelumnya yang biasanya saya gunakan untuk 8 minggu keatas adalah insektisida MERK ARJUNA.

kemudian minggu selanjutnya dengan bahan aktif seperti minggu pertama.

Biasanya setelah tanaman cabe umur 8 minggu keatas hama trips tidak menyerang daun tapi lebih suka menyerang bunga cabe.

Jangan melakukan penggiliran insektisida dengan cara gonta ganti bahan aktif setiap kali melakukan penyemprotan karena menurut saya dari pengalaman cara ini kurang efektif.

Jika hama trips sudah terlanjur kebal dengan bahan aktif abamektin bisa menggunakan insektisida bahan aktif imidakloprid/BESWIDOR dan mencampur dengan insektisida ARJUNA.

Saya sajikan beberapa merk dagang insektisida beserta bahan aktif dan kode cara kerja.



obat hama thrips



No. Nama dagang               (Bahan aktif) 

1 Abuki 50 SL.                       Imidakloprid 4A
2 Actara 25 WG                     Tiametoksam 4A
3 Agrimec 18 EC                   Abamektin 6
4 Arrivo 30 EC                       Sipermetrin 3A
5 Atatte 210 EC.                    Alfa sipermetrin + Profenofos 3A
6 Bestox 50 EC.                     Alfa sipermetrin 3A
7 Bima 10 WP.                       Imidakloprid 4A
8 Caleb Tsan 28 EC               Imidakloprid 4A
9 Callicron 500 EC                Profenofos 1B
10 Capture 100 EC                Sipermetrin 3A
11 Chix 25 EC                        Beta sipermetrin 3A
12 Clobber 200 EC                Klorpirifos 1B
13 Confidor 200 SL.              Imidakloprid 4A
14 Confidor 5 WP.                 Imidakloprid 4A
15 Confidor 70 WG.               Imidakloprid 4A
16 Confix 10 WP.                   Imidakloprid 4A
17 Cruiser 350 FS                 Tiametoksam 4A
18 Curacron 500 EC              Profenofos 1B
19 Curbix 100 SC                   Etiprol 1B
20 Cypermax 100 EC             Sipermetrin 3A
21 Danadim 400 EC               Dimetoat 1B
22 Decafen 400 EC                Dimetoat 1B
23 Delta 25 EC                        Deltametrin 3A
24 Destan 400 EC                   Dimetoat 1B
25 Dimacide 400 SC               Dimetoat 1B
26 Dimectin 18 EC                  Abamektin 6



Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa membantu untuk mengatasi hama trips pada tanaman cabe atau pun pada tanaman lainnya.

1 comment:

  1. tanaman cabe memang termasuk tanaman yang paling sering dihinggapi hama. terimakasih untuk informasi dan ilmunya yang menambah wawasan.

    ReplyDelete