Thursday, April 12, 2018

Pestisida yang berbahaya

Pengalaman buruk ketika menanam cabe yang pernah saya alami-

Saya akan bagikan pengalaman buruk ketika menanam cabe agar tidak akan dialami oleh petani cabe khususnya untuk petani cabe yang masih pemula.

Saat menanam cabe pasti ingin membuat tanamanya cepat tumbuh dengan subur dan berbuah Lebat dan bisa cepat panen tapi yang saya alami malah sebaliknya.

Pengalaman saya ini ketika saya masih baru budidaya cabe dan belum punya pengalaman apapun tentang cara menanam cabe.

Pengalaman buruk yang saya alami ini adalah dari kesalahan saya sendiri baik itu dari kesalahan penggunaan insektisida,penggunaan pupuk yang berlebihan ataupun penggunaan zat untuk mempercepat pemasakan buah.


Pengalaman buruk ketika menanam cabe yang pernah saya alami yang pertama


1.penggunaan insektisida dengan bahan aktif Karbofuran 


Penggunaan insektisida karbofuran atau yang biasa dipakai petani cabe adalah merk FURADAN biasanya insektisida ini di gunakan ketika bibit cabe baru di tanam di lahan insektisida ini digunakan untuk melindungi tanaman dari hama terutama jangkrik yang biasa memakan batang tanaman cabe sampai putus tapi yang saya alami bukan melindungi tanaman dari hama malah membuat tanaman cabe menderita karena keracunan bahan aktif karbofuran karena penggunaan yang tidak sesuai anjuran,Penggunaan insektisida ini harus sesuai anjuran atau dibawah dosis anjuran.

gejala yang ditimbulkan bila tanaman cabe keracunan bahan aktif karbofuran:
Daun kaku menggulung keatas,bercak bercak putih dan daun sobek sobek terutama daun bagian atas.

Meskipun tidak sampai menyebabkan kematian tapi membuat tanaman cabe menderita dan mengganggu pertumbuhannya.

Saya sarankan untuk petani cabe yang masih pemula gunakan insektisida yang lebih aman seperti insektisida DIAZENON,kalau ingin menggunakan insektisida FURADAN dosis harus sesuai anjuran atau di bawahnya.



2.INSEKTISIDA dengan bahan aktif asefat

Pengalaman saya ketika menggunakan bahan aktif ini adalah merk curakron dan ketika tanaman cabe masih kecil atau dalam masa pertumbuhan vegetatif.

Penggunaan bahan aktif ini harus hati hati apalagi digunakan ketika tanaman cabe masih dalam masa vegetatif jika keracunan bahan aktif ini menyebabkan daun berubah warna jadi putih dan pertumbuhan terlambat.

Jika sudah terlanjur keracunan bahan aktif asefat bisa melakukan penyiraman tanaman lebih sering.

Untuk tanaman cabe yang masih kecil gunakan insektisida yang lebih aman seperti BESWIDOR atau DEMOLISH selain untuk membasmi hama juga bisa membuat tanaman lebih hijau,sebenarnya insektisida dengan bahan aktif ini bagus ketika tanaman cabe sudah berbuah untuk insektisida hama LALAT BUAH karena baunya sangat menyengat.



3.penggunaan pupuk yang tidak seimbang

Tanaman cabe terutama cabe merah keriting dan cabe merah besar sangat rakus dengan unsur hara calsium jika kita memberikan pupuk NPK saja apalagi dalam jumlah yang berlebihan maka yang dulu saya alami adalah tanaman cabe daun pucuk menguning pertumbuhannya berhenti dan ujung buah banyak yang menguning padahal tanaman masih umur sekitar 6/7minggu jadi tanaman sangat pendek karena tanaman kekurangan unsur hara calsium.Setelah tanaman cabe saya berikan pupuk calsium dengan kocor dan penyemprotan tanaman sudah mulai tumbuh lagi

Jadi meskipun kita memberikan unsur NPK yang banyak tapi unsur lain tidak kita berikan terutama unsur calsium maka tanaman cabe tidak bisa tumbuh.

Agar tanaman bisa tumbuh normal dan berbuah maksimal kita harus memenuhi unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam keadaan cukup dan berimbang seperti NPK S,CA,MG,dan unsur hara mikro.



4.Zpt etrel:

pengalaman saya ini ketika baru pertama menanam cabe dan waktu itu harga cabe lagi melambung dan untuk mempercepat pemasakan buah saya semprot tanaman cabe dengan zpt etrel tapi apa yang terjadi dengan tanaman cabe saya ternyata daun dan buah semuanya jatuh berguguran dan tanaman cabe hanya tinggal batang dan ranting nya saja,jadi bukannya untung malah buntung.

Jadi jangan sekali-sekali menggunakan zpt etrel untuk mempercepat buah cabe agar cepat merah jika anda tidak ingin bernasib sama seperti saya.zpt etrel bagus untuk mempercepat pemasakan buah pisang atau buah lainnya tidak untuk tanaman seperti cabe atau tomat 


Demikian pengalaman buruk yang pernah saya alami semoga petani cabe yang masih pemula bisa belajar dari pengalaman saya agar tidak mengalami yang pernah saya alami ketika menanam cabe.








No comments:

Post a Comment