Saturday, April 14, 2018

Cara ampuh mengatasi lalat buah pada cabai

Cara ampuh mengatasi lalat buah pada cabai 

Membasmi lalat buah pada tanaman cabe
Cara ampuh mengatasi lalat buah pada cabai


Lalat buah :atau ditempat saya namanya menyeng  hama ini adalah salah satu hama yang paling sering menyerang buah cabe jenis cabe yang paling disukai hama lalat buah adalah cabe rawit dan cabe merah besar

biasanya untuk cabe merah keriting seranganya tidak separah cabe rawit dan cabe merah besar tapi hama ini tidak boleh dianggap remeh karena serangan hama lalat buah bisa menyebabkan produksi menurun bahkan bisa menyebabkan gagal panen jika kita biarkan.

Serangan hama lalat buah pada tanaman cabe dengan cara menyuntikan telurnya ke dalam buah cabe, setelah beberapa hari telur akan menetas dan berkembang di dalam buah cabe.

Buah cabe yang masih muda ataupun yang sudah masak bisa terkena serangan hama ini.

Ciri ciri serangan pada buah cabe adanya titik hitam,buah menguning busuk dan  jatuh berguguran.

Biasanya serangan parah hama ini ketika kita menanam cabe pada musim hujan untuk itu ketika tanaman sudah mulai berbuah kita harus melakukan pencegahan agar hama ini tidak sampai menyerang buah cabe.

Ada cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah/membasmi hama lalat buah pada tanaman cabe.

Saya akan bagikan pengalaman saya membasmi hama lalat buah sampai tuntas semoga bermanfaat khususnya untuk petani cabe yang masih pemula.




Membasmi lalat buah pada tanaman cabe sampai tuntas


1.pemasangan lem perangkap lalat buah:

Lem ini banyak dijual di toko PERTANIAN:untuk pemakaian lem ini bisa mengoleskan ke botol bisa gunakan botol bekas pestisida dan kita pasang botol yang sudah kita olesi lem lalat buah tadi di luar lahan tanaman cabe.

Jika disekitar tanaman cabe banyak hama lalat buah setelah kita buka lem ini saja maka akan dikerubungi jadi pemasangan lem perangkap ini harus jauh dari lahan tanaman cabe 10 meter atau lebih.

Awal Penggunaan lem ini ketika tanaman cabe sudah mulai berbuah dengan interval pengolesan setiap 10 hari sekali atau tergantung banyak tidak nya hama ini pada sekitar lahan tanaman cabe.

Dengan menggunakan lem perangkap lalat buah maka tanaman cabe aman dari serangan lalat buah karena lalat buah lebih tertarik kepada aroma lem ini.





2.penyemprotan insektisida yang baunya menyengat:

Meskipun kita sudah melakukan pemasangan lem perangkap lalat buah tapi kita harus tetap melakukan penyemprotan insektisida yang baunya menyengat untuk mengusir hama lalat buah dari tanaman cabe.

INSEKTISIDA yang bisa digunakan untuk mengusir lalat buah seperti curakron,metha atau SANTOET karena insektisida ini baunya sangat menyengat.

Yang biasanya saya menggunakan adalah insektisida metha karena harganya murah dan baunya sangat menyengat.

Untuk penggunaan insektisida ini harus menggunakan pelindung tumbuh karena jika sampai ada bagian tubuh yang terkena insektisida ini baunya tidak hilang walaupun beberapa hari.

Penyemprotan insektisida diatas harus fokus pada buah cabe dengan interval 5/7 hari sekali atau tergantung serangan hama ini.






3.membasmi rumput pada lahan tanaman cabe

Biasanya rumput di sekitar tanaman cabe pertumbuhannya sangat cepat jika kita biarkan maka tanaman cabe akan mudah terserang hama maupun penyakit termasuk lalat buah.

Meskipun kita sudah melakukan cara diatas tapi sekitar tanaman cabe banyak ditumbuhi rumput maka lalat buah pasti masih banyak yang menyerang jadi Pembersihan rumput di sekitar tanaman cabe sangat penting dilakukan.

Biasanya saya membasmi rumput di sekitar tanaman cabe dengan herbisida kontak seperti gramason tapi cara ini harus hati hati,

Jika menggunakan spreyer elektrik volume harus dikecilkan dan pakai penutup dan jika ada angin kita hentikan dulu penyemprotan.

Pembersihan rumput dengan herbisida lebih cepat dari pada dengan cara manual jadi bisa menghemat waktu rumput juga lama tumbuh kembali.



Dengan melakukan cara cara diatas insyaallah tanaman cabe bebas dari serangan lalat buah 

Demikian yang bisa saya sampaikan cara ampuh mengatasi lalat buah pada cabai SEMOGA BERMANFAAT.






No comments:

Post a Comment