Sunday, April 22, 2018

Cara mengatasi layu fusarium pada tanaman cabe

Cara mengatasi layu fusarium pada tanaman cabe-
Artikel ini saya tulis dari hasil pengalaman pribadi selama bertahun-tahun menjadi petani cabe sampai saat ini.

Dengan artikel ini semoga bisa bermanfaat buat petani cabe khususnya petani cabe yang masih pemula untuk mengatasi layu fusarium pada tanaman cabe.

Cabe layu saat berbuah

Penyakit layu fusarium: penyebab cendawan fusarium spp.
Gejala serangan ditandai dengan layunya tanaman yang dimulai dari bagian bawah.anak tulang daun menguning, bila infeksi terus berkembang dalam 2-3 hari setelah infeksi tanaman akan layu.warna jaringan akar dan batang menjadi coklat.tempat luka tertutup hifa yang berwarna putih seperti kapas.

Penyebaran penyakit melalui angin dan air.inang lain penyakit ini adalah kacang panjang, kentang, kubis, tomat, mentimun dll.

Menurut saya penyakit inilah yang paling berbahaya ketika menanam cabe Banyak dari petani cabe yang gagal total akibat dari serangan penyakit layu fusarium. 

Penyakit ini biasanya menyerang tanaman cabe ketika sudah mulai berbuah atau pun ketika tanaman cabe sudah hampir panen.

Sudah banyak cara yang saya lakukan untuk mengatasi penyakit ini dan yang menurut saya efektif untuk mengatasi penyakit layu fusarium dengan biaya yang tidak terlalu mahal akan saya bagikan disini agar bisa menjadikan pembelajaran khususnya untuk petani pemula.

Tapi sebelum melakukan cara mengatasi layu fusarium pada tanaman cabe ada baiknya kita belajar dari tanaman sebelumnya jika penyakit layu fusarium sudah menyerang tanaman sebelumnya kita bisa melakukan pencegahan dengan cara:

1.Jika tanah sudah terinfeksi oleh penyakit layu fusarium kita harus melakukan penjemuran tanah hingga beberapa minggu dan saat pencangkulan kita harus menyampurnya dengan tanah yang belum terinfeksi oleh penyakit layu fusarium.

2.pengapuran tanah:umum nya penyakit ini mudah menyerang tanaman jika tanah dalam keadaan masam.pada saat penjemuran tanah kita juga menaburkan dolomit untuk meningkatkan pH tanah.

3.Jangan melakukan pemupukan nitrogen yang berlebihan. Selain membuat tanaman rimbun dengan daun jika pemupukan nitrogen berlebihan juga sangat berbahaya bagi tanaman karena tanaman mudah terserang hama maupun penyakit.

Baca Juga Cara merawat cabe agar cepat berbuah Lebat

Jika tanaman cabe mulai ada yang terkena penyakit layu fusarium kita harus segera melakukan pencegahan kepada tanaman yang lainnya agar tidak menyerang tanaman cabe yang lainnya Oke langsung saja saya bagikan cara mengatasi layu fusarium pada tanaman cabe dengan fungisida yang murah dan menurut saya cukup efektif.

Fungisida untuk layu fusarium



Cara mengatasi layu fusarium pada tanaman cabe


Ketika tanaman cabe sudah mulai berbuah untuk mencegah atau mengatasi agar layu fusarium agar tidak menular ketanamam yang lainnya cara yang saya lakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan melakukan pengocoran fungisida ANTILA bahan aktif mancoseb pada tanaman cabe 

Saat melakukan pengocoran fungisida ini bisa menambahkan dengan pupuk calsium 

Dengan melakukan pengocoran fungisida ANTILA pada tanaman cabe menurut saya cukup efektif untuk mencegah/mengatasi penyakit layu fusarium.

Dari hasil pengalaman saya pada tanaman cabe yang belum parah terserang penyakit ini atau ketika tanaman cabe masih mulai kelihatan layu pada siang hari, dengan pengocoran fungisida ini kadang tanaman cabe bisa sembuh dan tidak jadi mati.

Cara melakukan pengocoran fungisida ANTILA untuk pencegahan layu fusarium 
3/4 sendok makan untuk air 12liter kemudian kocorkan 150/200ml setiap tanaman.

Untuk tanaman cabe yang sudah terserang dosis satu sendok untuk satu liter kemudian kocorkan kepada tanaman yang sudah terserang agar cendawan tidak bisa berkembang.



Demikian yang bisa saya sampaikan cara mengatasi layu fusarium pada tanaman cabe.

No comments:

Post a Comment