Wednesday, June 6, 2018

Cara SUKSES menanam CABE RAWIT

Artikel ini kami susun dari hasil pengalaman pribadi selama bertahun-tahun menjadi petani cabe sampai saat ini

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk petani cabe khususnya untuk petani yang masih pemula.

cara menanam cabe rawit bisa dibilang lebih mudah daripada menanam cabe merah keriting atau cabe merah besar.

Karena kita bisa memanfaatkan bekas gulutan cabe keriting atau cabe merah besar untuk kita tanamani cabe rawit.

Dan dari hasil pengalaman pribadi bekas gulutan cabe keriting atau cabe merah besar cukup bagus untuk menanam cabe rawit bahkan hasilnya lebih bagus daripada membuat gulutan baru.

Karena bekas gulutan tanaman lain tanah sudah padat jadi untuk menanam cabe pada musim kemarau sangat bagus karena gulutan yang padat bisa menahan air dalam waktu yang cukup lama.

Jadi tanaman tidak mudah kehilangan air dan kita tidak perlu melakukan penyiraman terlalu sering.
Pemupukan cabe rawit

Cara menanam cabe rawit



Tapi jika cuma menanam cabe rawit untuk kebutuhan sendiri kita bisa menanam cabe rawit dihalaman rumah dengan menggunakan polybek tapi tidak saya bahas pada artikel ini karena akan terlalu panjang.


Cara menanam cabe rawit agar mendapatkan hasil yang maksimal kita harus melakukan tahap tahap sebagai berikut#

1.pemilihan benih: untuk benih cabe rawit bisa membuat sendiri atau jika tidak ingin repot bisa membeli benih cabe rawit yang besertifikat yang banyak dijual di toko PERTANIAN seperti cabe rawit F1 atau benih cabe rawit unggul.

Untuk penyemaian benih cabe rawit kita bahas pada artikel kami yang lain.

Kedua benih ini ada kelebihan dan kekurangan masing masing

Kelebihan benih F1: tanaman lebih cepat berbuah dan lebih tahan terhadap serangan hama maupun penyakit

Kekurangan benih F1:nilai jual lebih rendah dibandingkan benih lokal dan tanaman tidak bisa tumbuh tinggi.

Kelebihan benih lokal/unggul: nilai jual lebih tinggi dan tanaman bisa tumbuh tinggi dan produksi dari hasil pengalaman pribadi lebih bagus dibandingkan benih F1.

Kekurangan benih lokal/unggul:tanaman lebih lama untuk berbuah dan lebih mudah terserang hama maupun penyaki.terutama hama lalat buah.

Untuk jenis cabe yang pernah saya budidaya didataran tinggi adalah jenis cabe MANU,kencana dll dan untuk benih F1 baskara.





2 pembuatan gulutan: untuk membuat gulutan yang bagus untuk tanaman cabe rawit atau cabe yang lain adalah dengan pemadatan gulutan atau bisa menggunakan bekas gulutan cabe keriting atau cabe merah besar.

Untuk memadatkan gulutan cukup berjalan diatas gulutan cukup bagian pinggir atau tempat untuk bibit cabe kita tanam nanti yang bagian tengah gulutan tidak perlu kita padatkan karena nanti lama lama bisa padat sendiri.

Dari hasil pengalaman pribadi pemadatan gulutan membuat tanaman cepat subur jika kita bandingkan dengan gulutan yang tidak kita padatkan.




3 pemberian pupuk dasar: pada tanaman cabe pemberian pupuk dasar sangat penting untuk kita lakukan agar tanaman cabe bisa subur dan berbuah Lebat

Cara pemberian pupuk adalah pada tengah gulutan karena pupuk lebih efektif daripada pemberian pupuk dasar dengan cara menyebar pupuk keseluruh gulutan.

Jenis pupuk yang ring saya gunakan seperti pupuk kandang ponska dan za,
Untuk tanaman cabe 2000 pohon pupuk yang digunakan sebagai berikut.

1 Pupuk kandang 10 karung bisa menggunakan kotoran ayam atau kotoran kambing saya sendiri lebih sering menggunakan kotoran ayam karena mudah didapat.

2 pupuk ponska: 100kg/2karung tapi 50kg juga tidak masalah nanti jika tanaman kurang subur kita bisa melakukan pemupukan susulan dengan sistem gejik

3 ZA: Meskipun pupuk ponska sudah terdapat unsur hara NPK tapi agar tanaman lebih subur dan berbuah Lebat kita bisa menambahkan pupuk Nitrogen lebih bagus menggunakan Za daripada urea






4.penutupan mulsa plastik hitam perak pada gulutan:sebenarnya jika tidak mempunyai modal yang cukup tidak menggunakan mulsa plastik hitam perak juga tidak masalah,  tapi untuk hasil yang maksimal lebih bagus menggunakan mulsa.

Dari hasil pengalaman pribadi tanaman cabe yang menggunakan mulsa plastik hitam perak lebih bagus dan tidak mudah terserang hama maupun penyakit.

Dan dalam perawatan lebih mudah karena gulutan tidak ditumbuhi rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan bisa menyebabkan terjadinya serangan hama maupun penyakit pada tanaman cabai.




Penanaman bibit cabe rawit 



Setelah pembuatan gulutan, pemberian pupuk dasar dan penutupan mulsa sudah selesai kita lakukan waktunya bibit cabe kita tanam.

Buat lubang tanam dengan gejik dan robek plastik polybek dan masukan bibit pada lubang kemudian tutup dengan tanah.

Jika menanam cabe rawit pada musim kemarau untuk membuat lubang tanam lebih baik agak dalam dan penimbunan tanah tidak perlu diratakan dengan gulutan yang penting akar jangan sampai kelihatan agar memudahkan kita dalam penyiraman.


Setelah semua bibit cabai rawit sudah selesai kita tanam untuk menjaga agar bibit tidak dimakan jangkrik kita taburan insektisida seperti DIAZENON atau FURADAN tapi lebih bagus menggunakan DIAZENON jika menggunakan FURADAN dosis harus sesuai anjuran atau dibawah nya.

Karena jika dosis terlalu tinggi bisa menyebabkan tanaman keracunan oleh bahan aktif insektisida ini.




Perawatan tanaman cabe rawit meliputi 



1 Penyemprotan pestisida seperti
Pupuk daun:yang sering saya gunakan adalah pupuk daun GANDASIL D untuk tanaman masa pertumbuhan.

insektisida: minggu pertama sampai minggu ke 4 bisa menggunakan insektisida dengan bahan aktif imidakloprid seperti BESWIDOR atau AVIDOR.
Insektisida ini bisa untuk mencegah terjadinya serangan hama seperti trips dll.

fungisida: minggu pertama sampai minggu ke4 fungisida yang saya gunakan adalah fungisida sistemik seperti Acrobat,Bendas,Amistartop gunakan salah satu saja atau bisa menggunakan secara bergantian.

Awal penyemprotan pestisida diatas bisa dimulai ketika tanaman umur 5hari setelah tanam dengan interval 4/5hari sekali atau tergantung kondisi tanaman sampai tanaman umur 4minggu. 

Untuk 4minggu keatas bisa baca artikel kami yang lain karena kalau kita bahas disini akan terlalu panjang.




2 Pemupukan sistem kocor 
meskipun kita sudah memberikan pupuk dasar tapi pemupukan susulan tetap harus kita lakukan terutama dengan sistem kocor agar tanaman cabe cepat mendapatkan unsur hara.

Pupuk kocor pertama ketika tanaman cabe rawit umur 7 hari setelah tanam.
Untuk pupuk yang digunakan adalah campuran dari pupuk NPK MUTIARA dan NHO4.

Untuk tanaman 2000 pohon pupuk yang digunakan 5kg pupuk NPK mutiara dan 2kg/satu bungkus HNO4 dengan unsur hara Nitrogen 36%.

Cara pengocoran ambil campuran pupuk tadi satu gelas bisa menggunakan gelas bekas teh gelas dan larutkan kedalam 12 liter air kemudian kocorkan setiap tanaman mendapatkan satu gelas.

Untuk pengocoran selanjutnya bisa baca artikel yang lain 



3 Pemasangan ajir: Untuk jenis cabe rawit f1 sebenarnya pemasangan ajir tidak dilakukan juga tidak jadi masalah karena tanaman hanya pendek tapi untuk cabe rawit lokal pemasangan ajir harus dilakukan karena tinggi tanaman bisa mencapai 2 meter.

Pemasangan ajir sebaiknya ketika tanaman cabe umur 20 hari setelah tanam harus sudah selesai agar akar tidak terlukai oleh ajir.



4 Perempelan tunas: boleh dilakukan boleh juga tidak karena menurut saya pribadi perempelan tunas juga tidak terlalu berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabe.

Saya sendiri jarang sekali melakukan perempelan tunas pada tanaman cabe tapi jika tanaman cabe muncul tunas yang banyak kita bisa melakukan perempelan dan menyisakan 3 tunas yang mempunyai pertumbuhan paling bagus karena tunas-tunas ini juga bisa menghasilkan buah yang juga cukup banyak.




5 Pembersihan rumput liar yang ada di sekitar tanaman cabe:
Tahap ini sangat penting dilakukan agar rumput yang ada di sekitar tanaman cabe tidak mengganggu pertumbuhan dan bisa menyebabkan terjadinya serangan hama maupun penyakit pada tanaman cabe rawit.


Jika kita menggunakan mulsa Pembersihan rumput liar lebih mudah karena kita hanya perlu mencabut rumput yang ada sekitar batang tanaman cabe dan rumput yang tumbuh pada parit kita bisa melakukan penyemprotan herbisida.

Catatan:Penyemprotan herbisida harus dilakukan dengan cara hati hati dan menggunakan penutup spuyer agar  tanaman cabe rawit tidak terkena herbisida.


Sekian yang bisa saya sampaikan cara menanam cabe rawit semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment