Tuesday, June 12, 2018

Cara menanam cabe merah dimusim kemarau

Cara menanam cabe merah dimusim kemarau Artikel ini dari hasil pengalaman pribadi selama bertahun-tahun menjadi petani cabe.

Saya akan bagikan trik menanam cabe pada musim kemarau Semoga bisa bermanfaat untuk petani cabai khususnya untuk petani pemula.

Pada musim kemarau yang panjang biasanya harga cabe melonjak tinggi dikarenakan banyak tempat yang tidak bisa menanam cabe.

Dan tanaman cabe pada musim kemarau sebenarnya lebih bagus jika pasokan air tercukupi dan OPT lebih mudah diatasi.

Agar tanaman cabe tidak mudah kekeringan dan bisa tumbuh subur pada musim kemarau berikut trik yang bisa dilakukan.

Tapi yang harus diingat ketika menanam cabe pada musim kemarau adalah serangan hama seperti trips, tungau, Kutudaun dll yang pada musim kemarau populasi sangat tinggi.

Cara menanam cabe merah dimusim kemarau


Tanaman cabai merah dimusim kemarau




1 pemadatan gulutan #

Saat pembuatan gulutan pada musim kemarau agar nanti tanah tidak mudah kering saat kita melakukan penyiraman pada tanaman cabe merah maka cara yang harus dilakukan adalah dengan memadatkan gulutan.

Cara ini cukup ampuh untuk menjaga agar tanah tetap lembab walaupun pemberian air tidak terlalu sering dan tanaman tetap bisa tumbuh subur, tidak mudah layu saat musim kemarau.


Jadi dengan pemadatan gulutan penyiraman pada tanaman cabe merah dimusim kemarau tidak perlu terlalu sering kita lakukan.


Dan saat melakukan pengocoran pupuk pada tanaman cabe merah maka penyerapan unsur hara lebih maksimal karena larutan pupuk yang kita berikan lebih lama berada disekitar akar tanaman cabe.

Budidaya cabe keriting musim kemarau


Jika berfikir gulutan yang padat akan membuat akar tanaman cabe tidak bisa berkembang atau tanaman tidak bisa subur justru ini salah karena ternyata gulutan yang padat akan membuat tanaman cabe cepat tumbuh subur dan tidak mudah layu saat musim kemarau.

Ini dari pengalaman pribadi ketika menanam cabe pada musim kemarau sekitar 3 tahun yang lalu, tanaman cabe dengan gulutan yang padat ternyata cepat sekali subur dan tidak mudah layu dan tanaman cabe dengan gulutan yang tidak saya padatkan sulit untuk bisa subur meskipun pengocoran pupuk sudah beberapa kali dilakukan dan tanaman cepat layu.

Pemadatan gulutan sangat penting dilakukan untuk budidaya cabe rawit dimusim kemarau atau budidaya cabe keriting dimusim kemarau.


Tapi saat pencangkulan untuk membuat gulutan tanah harus tetap digemburkan dulu atau pencangkulan dengan tipis tipis agar tanah bisa gembur kemudian setelah gulutan jadi kita padatkan bagian pinggir gulutan tempat bibit cabe kita tanam nanti dengan diinjak-ijak.




2 pemberian pupuk kandang pada lubang tanam #

Salah satu Trik menanam cabe merah atau cabe rawit di musim kemarau yang selanjutnya adalah pemberian pupuk kandang pada lubang tanam sebelum bibit cabe kita tanam, Pupuk kandang yang menurut saya cukup bagus adalah dari kotoran kambing yang sudah berwarna hitam atau yang sudah menjadi tanah.

Dosis Pemberian pupuk kandang pada lubang tanam lebih banyak lebih bagus atau lubang tanam kita isi penuh dengan pupuk kandang, dan nanti saat bibit cabe sudah siap tanam lubang kita gejik lagi.

Pada musim kemarau Pemberian pupuk kandang pada lubang tanam sangat penting penting untuk kita lakukan.

Karena dengan pemberian pupuk kandang pada lubang tanam selain sebagai sumber unsur hara bagi tanaman cabe juga untuk menjaga agar tanah tetap lembab pada musim kemarau.

Jadi tanaman cabe tetap bisa tumbuh dengan subur dan tidak mudah layu walaupun menanam cabe pada musim kemarau.





3 umur bibit cabe merah #

Pada musim kemarau lebih bagus jika bibit cabe yang kita tanam nanti sedikit lebih tua atau umur bibit cabe sudah 35/40 hari.

Karena bibit cabe yang sudah sedikit tua mempunyai akar yang sudah cukup banyak dan tanaman cabe kita nanti akan mudah tumbuh subur.

Dan pengocoran pupuk bisa dipercepat misalkan biasanya umur 7 hari kita baru mulai melakukan pengocoran pupuk maka dengan bibit cabe yang sedikit lebih tua umur 5hari sudah bisa kita melakukan pengocoran karena akar sudah banyak penyerapan unsur hara sudah bisa maksimal.

Pada tanaman cabe rawit Pernah juga saya langsung melakukan pengocoran pupuk saat bibit cabe selesai saya tanam dan 3/4hari kemudian tanaman sudah mulai kelihatan subur.


Selain bibit cabe yang sedikit lebih tua mempunyai akar yang banyak,batang juga sudah keras.

Jadi hewan penganggu seperti jangkrik yang biasanya memakan batang tanaman cabe saat bibit cabe baru kita tanam hewan ini sudah tidak mau lagi memakan karena batang sudah keras.




Cara Merawat tanaman cabe keriting dimusim kemarau



1 pemberian pupuk susulan dengan sistem kocor #

Jika umur bibit cabe merah yang kita tanam sudah sedikit lebih tua dari biasanya maka pengocoran pupuk dengan sistem kocor bisa dilakukan ketika tanaman cabe umur 5hari setelah tanam.

Pupuk yang digunakan untuk pengocoran pertama dimusim kemarau adalah campuran dari pupuk NPK MUTIARA dan pupuk Nitrogen HNO4

Saat pengocoran pertama saya selalu memberikan pupuk Nitrogen lebih banyak dari pada unsur hara lain untuk merangsang pertumbuhan bibit cabe yang kita tanam agar cepat tumbuh subur, tapi yang harus diingat pemberian Nitrogen tidak boleh berlebihan karena tanaman akan rimbun dengan daun dan daun menjadi tipis jadi tanaman akan mudah layu saat musim kemarau.

Untuk tanaman cabe merah 2000 pohon pupuk yang digunakan sebanyak 6kg NPK MUTIARA dan 2 kg/satu bungkus pupuk HNO4.

Cara pengocoran: larutkan satu gelas pupuk dengan air 12liter dan kocorkan pada tanaman cabe merah sebanyak 200ml

Gelas takaran pupuk dan takaran pengocoran bisa menggunakan bekas minuman teh gelas.


pengocoran kedua tanaman cabe merah dimusim kemarau#

Pupuk yang digunakan untuk pengocoran kedua adalah campuran dari pupuk NPK MUTIARA dan pupuk kalium bisa menggunakan kno merah.

Jika setelah 7hari Pengocoran pertama tanaman belum kelihatan subur kita bisa menggunakan pupuk seperti pengocoran pertama untuk pengocoran kedua.

Tapi biasanya tanaman cabe merah sudah kelihatan subur setelah pengocoran pertama.



Pengocoran ke tiga #

Pupuk yang digunakan untuk pengocoran ke tiga dan untuk pengocoran selanjutnya pupuk yang digunakan adalah campuran pupuk dari NPK MUTIARA 6kg dan kno putih 2kg atau kno putih bisa diganti dengan kcl.


pada musim kemarau ketersediaan air biasanya sangat terbatas, sehingga menjadi kendala utama untuk mempertahankan produksi tanaman cabe merah.  Salah satu usaha yang dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan adalah pemberian kalium.

Kalium terdapat di dalam cairan sel dalam bentuk ion-ion K yang mempunyai sifat dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan.

Secara fisiologis K mempunyai fungsi mengatur pergerakan stomata dan hal-hal yang berhubungan dengan cairan sel. Unsur K berperan mengatur membuka dan menutupnya sel-sel stomata tanaman,

sehingga mempengaruhi transpirasi. Bila kandungan unsur K tinggi maka sel-sel stomata tanaman menutup, sehingga penguapan akan berkurang.




Cara merawat cabe keriting dimusim kemarau yang selanjutnya adalah dengan melakukan penyemprotan pestisida secara rutin.

Biasanya pada musim kemarau serangan hama seperti trips, tungau, Kutudaun dll cukup parah karena populasi yang sangat tinggi.

Untuk merawat cabe keriting atau cabe merah yang lain agar tidak rusak oleh serangan hama adalah dengan melakukan penyemprotan insektisida secara rutin.



Berikut jadwal penyemprotan pestisida pada tanaman cabe merah dan cara penggiliran pestisida #

Penyemprotan pestisida seperti Pupuk daun, insektisida  fungisida dll pada tanaman cabe merah harus segera dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan hama maupun penyakit dan untuk memberikan unsur hara pada tanaman cabe merah lewat stomata daun.


Biasanya awal saya melakukan penyemprotan pestisida pada tanaman cabe merah ketika umur 3/4 hari setelah tanam.

Pestisida yang digunakan sebagai berikut#

Minggu pertama sampai minggu ke tiga:

1 Pupuk daun: GANDASIL D, dosis 2 sendok makan / tanky dengan interval penyemprotan 3/4hari sekali.

Biasanya setelah 2/3hari setelah penyemprotan pupuk daun tanaman cabe sudah mulai kelihatan hijau.



2 insektisida dengan bahan aktif imidakloprid,  dosis 1 sendok / tanky interval penyemprotan 3/4 hari sekali .

insektisida ini untuk mencegah atau mengendalikan hama seperti trips,Kutudaun dll.

Jika tanaman terserang ulat daun gunakan insektisida seperti PREVATON cukup 1/2kali penyemprotan biasanya hama ini sudah bisa dikendalikan dengan baik.

Untuk mengendalikan hama tungau bisa menggunakan akarisida SAMITE gunakan akarisida ini jika ada tanda tanda tanaman cabe merah terserang tungau dan bisa menghentikan penyemprotan akarisida ini jika tanaman sudah kelihatan pulih.





3 fungisida sistemik: seperti Amistartop, Acrobat, Bendas dll gunakan salah satu yang penting untuk tanaman cabe yang masih kecil harus menggunakan fungisida sistemik karena kondisi tanaman masih sangat lemah jadi harus menggunakan fungisida yang bekerja cepat mengendalikan penyakit.

Tapi pada musim kemarau biasanya jarang terjadi serangan penyakit namun pada dataran tinggi serangan penyakit pada musim kemarau masih terjadi meskipun tidak separah pada musim hujan.

Penyemprotan dengan menggunakan pestisida diatas digunakan sampai umur 3 minggu setelah tanam.

Cara tersebut dilakukan dengan alasan bahwa selama satu periode daur hidup yang berlangsung ± 3 minggu, hama tersebut hanya terpapar oleh insektisida/ akarisida dengan cara kerja yang sama dan generasi berikutnya mendapat paparan insektisida/ akarisida dengan cara kerja yang berbeda.

Dengan demikian kesempatan hama untuk mendetoksifikasi suatu jenis insektisida/ akarisida dapat dikurangi sehingga terjadinya resistensi hama dapat ditekan.



Penyemprotan pestisida untuk minggu ke 4 sampai minggu ke 7 #

1 Pupuk daun: GANDASIL B pada minggu ke 4 biasanya tanaman cabe merah sudah mulai berbunga jadi untuk menunjang pertumbuhan generatif kita gunakan pupuk daun GANDASIL B.



2 insektisida: pada minggu ke 4 insektisida yang digunakan dengan bahan aktif abamektin,bisa menggunakan demolish,  agrimec, atau CRONUS. 
Merawat tanaman cabe di musim kemarau

Pada minggu ini penyemprotan harus dilakukan secara rutin 3/4 hari sekali karena biasanya serangan hama trips cukup parah.

yang sering saya gunakan adalah merk CRONUS karena harga lebih murah dan yang paling penting cukup ampuh untuk mengatasi hama trips dll.



3 fungisida: pada minggu ke 4 keatas bisa menggunakan fungisida kontak seperti Antracol atau Daconil.

Jika pada minggu ini masih terjadi serangan penyakit bisa menggunakan fungisida sistemik lagi dan bisa menggunakan fungisida kontak setelah serangan penyakit sudah terkendali.




Penyemprotan pestisida untuk minggu ke 8 dan seterusnya.

1 Pupuk daun GANDASIL B +mkp 
Penyemprotan Pupuk daun ini dilakukan sampai panen.

2 Insektisida: bisa menggunakan bahan aktif yang lain  karena pada minggu ini biasanya serangan hama trips sudah mulai berkurang.

3 Fungisida: Bisa menggunakan fungisida kontak seperti Antracol atau Daconil penyemprotan terutama pada buah untuk mencegah terjadinya serangan penyakit.






Demikian yang bisa saya sampaikan cara menanam cabe merah dimusim kemarau.







4 comments:

  1. aplikasi penggunaan Pupuk, ZPT,Insektisida, Fungisida gimana di satukan atau selang 1 hari...

    ReplyDelete
  2. Terimkasih gan info tntang budidaya cabai sangat bermanfaat, nikalau teman-teman pengunjung ingin mendapatkan informasi lebihengkap tentang "
    Cara Menanam Cabe Panduan Lengkap " silahkan kunjungi situs saya di jawatani.Com di sana tersedia panduan lengkapanya beserta info info lainya yang bisa di dapatkan dan tentang seputar budidaya cabe. Sekian terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Perkembangan Harga Cabe

    cara menanam cabe
    kunjungi situs saya untuk melihat postingan yang bermanfaat laiannya...terimakasih

    ReplyDelete