Thursday, May 3, 2018

Jadwal penyemprotan pestisida tanaman cabe

Jadwal penyemprotan pestisida tanaman cabe
Artikel ini saya tulis dari hasil pengalaman pribadi selama bertahun-tahun menanam cabe sampai saat ini khususnya cabe rawit dan cabe merah keriting.

Dengan adanya artikel semoga bisa bermanfaat untuk petani cabe khususnya untuk petani pemula.

Perawatan tanaman cabe yang tidak kalah penting selain pemupukan,pembersih gulma, pemasangan ajir dll adalah penyemprotan pestisida.

Karena tanaman cabe yang bisa tumbuh sehat,subur dan bisa berbuah maksimal tidak lepas dari penyemprotan pestisida.

Tanaman cabe memang membutuhkan perawatan yang lebih jika dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Karena tanaman cabe sangat rentan terhadap serangan hama maupun penyakit,jika tidak dilakukan penyemprotan pestisida secara rutin produksi tanaman cabe bisa menurun bahkan bisa menyebabkan gagal panen.

Saya akan bagikan jadwal penyemprotan pestisida pada tanaman cabe dan jenis pestisida yang digunakan dari awal sampai panen.

Penggunaan pestisida harus sesuai dengan dosis anjuran yang tertera pada kemasan, karena penggunaan dosis yang berlebihan selain pemborosan juga bisa menyebabkan tanaman keracunan.





Penyemprotan pestisida Umur 3 hari sampai umur 1 bulan setelah tanam.

 

Jenis pestisida yang digunakan umur 3 hari sampai umur 1 bulan sebagai berikut :


1.Pupuk daun: penyemprotan  Pupuk daun harus segera dilakukan agar tanaman bisa cepat mendapatkan unsur hara dan tanaman akan lebih cepat subur.

Biasanya 2/3hari setelah penyemprotan pupuk daun tanaman sudah kelihatan subur Meskipun kita belum melakukan pemupukan lewat akar.

Kelebihan pupuk daun: tanaman lebih cepat mendapatkan unsur hara karena tidak seperti pemupukan lewat akar yang bisa tercuci oleh air hujan dan juga bisa terikat oleh tanah.

Kelemahan pupuk daun: dosis yang bisa diberikan hanya sedikit jadi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan unsur hara pada tanaman.pemberian pupuk daun dengan dosis yang tinggi tidak sesuai anjuran bisa menyebabkan daun cabe terbakar.


Biasanya saya menggunakan pupuk daun GANDASIL D untuk tanaman cabe yang masih kecil dengan dosis satu sendok/tanky 16 liter dengan interval penyemprotan 4 hari sekali.


2.hormon/zpt: selain penyemprotan pupuk daun penyemprotan hormon juga perlu dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Karena pengaruh penyemprotan hormon juga sangat besar untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman cabe.

Untuk melakukan Penyemprotan hormon bisa bersama dengan pupuk daun,biasanya saya menggunakan hormon jimy hantu menurut saya hormon ini cukup bagus untuk membuat daun lebih hijau dan batang menjadi kokoh.


3.INSEKTISIDA: penyemprotan insektisida juga harus segera dilakukan karena tanaman cabe sangat rentan terhadap serangan hama terutama hama trips.

Hama ini biasanya sudah menyerang pada saat tanaman cabe dalam pembibitan,jadi penyemprotan insektisida untuk mengendalikan hama ini harus dilakukan sejak awal.

insektisida yang saya gunakan adalah insektisida dengan bahan aktif imidakloprid seperti BESWIDOR/ AVIDOR untuk tanaman cabe yang masih kecil sampai umur 1bulan.



4.FUNGISIDA: pada musim hujan tanaman cabe sangat rentan terhadap serangan paenyakit seperti busuk daun, bercak daun dll.

Untuk tanaman yang masih kecil lebih baik menggunakan FUNGISIDA sistemik karena tanaman masih sangat lemah jadi harus menggunakan FUNGISIDA bisa mengendalikan penyakit dengan cepat.

Fungsinya yang sering saya gunakan adalah fungisida sistemik seperti acrobat,AMISTAR dll gunakan salah satu dan harus melakukan penggiliran fungisida untuk mencegah terjadinya resistensi.

Untuk melakukan penyemprotan pada tanaman cabe sampai umur 1 bulan bisa mengguppnakan pestisida diatas.



Jenis pestisida Umur 1bulan sampai 2bulan 



1.Pupuk daun: biasanya tanaman cabe yang sudah umur satu bulan sudah mulai berbunga jadi harus menggunakan pupuk daun yang berbeda dari pupuk daun yang digunakan untuk tanaman yang masih dalam masa pertumbuhan.

Untuk pupuk daun yang digunakan pada tanaman cabe yang mulai berbunga biasanya saya menggunakan pupuk daun GANDASIL B.

Pupuk daun ini dengan kandungan kalium tinggi yang bagus untuk meningkatkan kualitas bunga dan buah.

Dosis Penggunaan pupuk daun GANDASIL B bisa baca pada kemasan atau biasanya saya menggunakan dosis 2 sendok/tanky 16 liter.



2.Zpt: untuk tanaman cabe umur satu bulan keatas saya menggunakan zpt antonik karena zpt ini selain bagus digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan generatif juga bisa untuk menekan serangan penyakit seperti bercak daun dll.

Interval Penyemprotan dengan zpt antonik 7 hari sekali dengan dosis 2/3tupup untuk tanky 16 liter.



3.INSEKTISIDA :insektisida yang digunakan pada tanaman cabe umur 1 bulan sampai 2bulan adalah dengan bahan aktif abamektin karena biasanya hama mulai ganas jadi harus menggunakan insektisida yang mampu mengatasi hama sampai tuntas terutama hama trips.

Bahan aktif abamektin bisa menggunakan merk demolish, agrimec asmec cronus dll pilih salah satu untuk mengendalikan hama trips, kutu daun dll.

Untuk mengendalikan hama penyemprotan dengan interval 4hari sekali atau tergantung serangan hama.

Jika tanaman cabe terserang hama tungau bisa menggunakan AKARISIDA SAMITE.
Biasanya setelah 2/3x penyemprotan hama ini bisa terkendali dengan baik.

Untuk ulat daun bisa menggunakan insektisida MERK PREVATON.




4. Fungsinya: gunakan fungisida kontak untuk tanaman cabe umur 1 bulan keatas karena biasanya tanaman sudah mulai kuat terhadap serangan paenyakit.

Fungsinya kontak yang bisa digunakan seperti antracol, DACONIL,ANTILA dll, gunakan salah satu saja.

Tapi jika tanaman cabe masih terserangan penyakit bisa menggunakan FUNGISIDA sistemik dan jika serangan sudah berhenti bisa mengganti dengan fungisida kontak.









Jadwal penyemprotan pestisida Umur 2 bulan sampai panen 



1.Pupuk daun: Pupuk yang digunakan tetap GANDASIL B dan bisa menambahkan pupuk MKP  dan juga calsium.

Jika buah cabe sudah mulai ada yang merah penyemprotan pupuk daun GANDASIL B bisa dihentikan karena tidak terlalu berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman gunakan MKP saja untuk mempercepat pemasakan buah.




2.Zpt: Umur dua bulan tetap menggunakan zpt antonik sampai pertumbuhan tanaman sudah berhenti biasanya jika buah sudah ada yang merah maka pertumbuhan tanaman akan berhenti.

Jika buah sudah sudah habis di panen dan ingin merawat buah yang kedua bisa menyempatkan hormon jimy hantu.

Tapi jika kondisi tanaman dan cuaca tidak mendukung menurut saya tidak perlu melakukan perawatan buah yang kedua karena populasi hama maupun penyakit sangat tinggi jadi perawatan membutuhkan biaya yang lebih besar dan juga produksi tanaman tidak seperti buah pertama.




3.INSEKTISIDA:Umur dua bulan keatas gunakan insektisida seperti curakron,metha,SANTOET dll.

Insektisida diatas terutama untuk mengendalikan hama lalat buah dll karena umur dua bulan ke atas hama utama yang harus dikendalikan adalah hama ini

Penyemprotan insektisida ini harus dilakukan secara rutin 3/4h hari sekali atau tergantung dari serangan hama.




4.FUNGISIDA: biasanya saya menggunakan FUNGISIDA kontak untuk umur dua bulan,seperti fungisida DACONIL bahan aktif Klorotalonil ini lebih ampuh untuk mengendalikan penyakit dibandingkan fungisida kontak yang lainnya.

Penyemprotan harus lebih fokus pada buah cabe,biasanya penyakit seperti petek pada musim hujan sangat ganas tapi penyakit ini jika kita rutin melakukan penyemprotan FUNGISIDA insyaallah tidak akan menyerang.

Dari pengalaman saya sendiri bertahun-tahun menanam cabe penyakit PETEK sebenarnya jarang menyerang jika kita rutin melakukan penyemprotan FUNGISIDA.


Demikian yang bisa saya sampaikan dengan melakukan penyemprotan dengan pestisida diatas insyaallah tanaman cabe bisa aman dari serangan hama maupun penyakit.






25 comments:

  1. Itu obat untuk penyemprotan dicampurkan?antara Pupuk daun insektisida ,fungisida dan hormon hantu

    ReplyDelete
  2. Itu pertisda bisa dicampur antara pupuk daun, zpt, insektisida,dan fungisidanya boss, mohon penataannya.

    ReplyDelete
  3. Umur berapa setelah tanam,cabai di beri pestisida

    ReplyDelete
  4. Bila tanaman cabai berumur 1 bln keatas sudah parah terjangkit kutu daun,trips dan tungau apalah masih bisa di atasi...
    Apakah tanaman cabai daun nya tumbuh kembali atau kah perlu penanaman bibt baru...
    Makasih....

    ReplyDelete
  5. Bisakah penyemprotan pestisida di lakukan 2 hari sekali

    ReplyDelete
  6. Waktu pxemprotan untuk hama kapan pagi atau sorex

    ReplyDelete
  7. Mohon bertanya, apakah boleh misal hari ini penyemprotan insektisida, besoknya penyemprotan gandasil?

    ReplyDelete
  8. mksih..moga berkah atas ilmu yang bapak sampaikan..

    ReplyDelete
  9. Apakah penggunaan pestisida ttp di tambah dgn perekat

    ReplyDelete
  10. Penyemprotan fungisida pada cabe yg sedang berbunga, apakah tidak menimbulkan kerontokan, mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  11. Apakh bisa di campur intekisida dengan pupuk ajinomoto dan garam sekali aduk ke tenk 16 liter dn kpn waktu pebyemprotan yg baik sore hari kh atu pagi

    ReplyDelete