Friday, March 23, 2018

PENYAKIT PADA TANAMAN CABE DAN CARA MENGATASINYA

Ketika menanam cabe pasti tidak lepas dari hama maupun penyakit yang bisa merusak tanaman kita dan bisa menyebabkan gagal panen.
untuk itu kita harus mengetahui hama maupun penyakit yang menyerang tanaman kita dan segera mengatasinya agar tidak merusak tanaman kita dan akan menyebabkan gagal panen jika kita tidak segera mengatasinya dengan tepat.

Saya akan bagikan pengalaman saya selama menjadi petani cabe agar kita bisa sama sama belajar untuk mengatasi hama maupun penyakit yang menyerang tanaman cabe kita semoga tulisan ini bisa bermanfaat khususnya untuk petani pemula agar tidak mengalami gagal panen akibat dari serangan hama maupun penyakit.

HAMA PADA TANAMAN CABE DAN CARA MENGATASINYA

1.JANGKRIK: hewan ini biasanya menyerang tanaman cabe yang masih kecil dengan memakan batang tanaman cabe sampai putus,meskipun serangannya tidak terlalu berat seperti hal nya hama yang lainnya akan tetapi kita harus tetap mencegah nya dengan menaburkan insektisida DIAZENON di sekitar batang tanaman cabe .

kalau ingin menggunakan insektisida FURADAN dosis harus sesuai anjuran atau di bawahnya.karena jika sampai melebihi dosis anjuran akan menyebabkan tanaman cabe keracunan .ciri ciri jika tanaman cabe keracunan bahan aktif karbofuran daun bintik bintik putih dan sobek sobek meskipun tidak sampai menyebabkan kematian tapi tanaman cabe akan menderita lihat gambar di bawah.





2.TRIPS: hama inilah yang sering menyerang tanaman cabe dengan cara menghisap carian daun terutama daun daun muda atau daun daun pucuk.
Ciri ciri serangan hama trips daun pucuk keriting.                                                                 Apabila tanaman cabe sudah berbunga hama ini lebih suka menyerang bunga cabe dan bisa menyebabkan bunga cabe rontok.
HAMA ini juga bisa sebagai vektor virus.

Untuk mengatasi hama trips bisa melakukan penyemprotan insektisida dengan bahan aktif abamektin atau imidakloprid.
Saya menggunakan INSEKTISIDA MERK CRONUS dengan bahan aktif abamektin karena harga lebih murah dibandingkan bahan aktif abamektin MERK LAIN dan yang paling penting mampu untuk mengatasi hama trips.
Bila serangan hama trips parah penyemprotan 3hari sekali.



3.ULAT DAUN:hama ini menyerang tanaman cabe dengan cara memakan daun hingga berlubang lubang dan akan menyebabkan pertumbuhan tanaman cabe terganggu.                  
bila seranganya hama ini parah akan menyebabkan daun tanaman cabe hanya tinggal tulang tulang nya saja.
Saya sering menjumpai hama ini menyerang tanaman cabe saat tanaman cabe masih muda dan biasanya hama ini penangananya tidak terlalu sulit.

Untuk mengatasi hama ini bisa melakukan penyemprotan dengan insektisida PREVATON bila banyak tanaman yang terserang.
Biasanya 1 atau 2x penyemprotan dengan insektisida MERK PREVATON hama ini sudah tuntas.
Tapi bila cuma beberapa saja tanaman yang diserang oleh ulat ini bisa di pungut dan di buang saja.



4.KUTU DAUN:hama ini menyerang dengan mengisap cairan daun dan menyebabkan daun menjadi kuning karena nutrisinya di hisap oleh hama ini.
saya sering menjumpai hama ini menyerang parah pada saat tanaman cabe sudah tua
tua,HAMA ini juga bisa sebagai vektor virus.

Untuk mengatasi hama kutu daun bisa melakukan penyemprotan dengan insektisida dengan bahan aktif imidakloprid saya menggunakan INSEKTISIDA MERK BESWIDOR atau AVIDOR pilih salah satu saja.kedua insektisida ini cukup ampuh untuk mengatasi hama kutu daun.



5.TUNGAU:bila hama ini menyerang tanaman cabe bisa menyebabkan daun menggulung ke bawah,tebal dan berwarna coklat.
Jangan menanam cabe berdekatan dengan tanaman singkong.

Hama TUNGAU tidak bisa diatasi dengan insektisida seperti BESWIDOR,CRONUS atau PREVATON.hama tungau hanya bisa diatasi dengan AKARISIDA biasanya saya menggunakan AKARISIDA SAMITE untuk mengatasi hama tungau.



6.LALAT BUAH:hama ini menyerang buah cabe dengan cara menyuntikan telurnya ke dalam buah cabe setelah beberapa hari telur akan menetas dan berkembang biak di dalam buah cabe dan menyebabkan buah cabe busuk dan jatuh.serangan berat biasanya pada musim hujan buah buah cabe yang masih muda banyak jatuh berguguran.

Untuk mencegah hama ini bisa melakukan penyemprotan dengan insektisida SANTOET atau METHA yang baunya menyengat,dan bisa juga menambah lem khusus untuk lalat buah,untuk pemasanganya agak jauh dari lahan yang kita tanamani cabe.



PENYAKIT PADA TANAMAN CABE DAN CARA MENGATASINYA

1.REBAH SEMAI:penyakit ini menyerang bibit cabe yang masih dalam persemaian dan tanaman cabe yang masih kecil yang baru di tanam di lahan dan setelah beberapa hari bibit cabe ditanam di lahan penyakit ini sudah tidak menyerang lagi.

Gejala yang ditimbulkan Penyakit REBAH SEMAI pangkal batang membusuk dan tanaman cabe akan rebah.
Untuk mengatasi penyakit ini bisa menggunakan bahan aktif benomil.


2.BUSUK BATANG :penyakit busuk batang bisa menyerang tanaman cabe yang muda ataupun tanaman cabe yang sudah tua.penyakit ini menyebabkan batang membusuk.
Untuk mencegah atau mengatasi penyakit ini Saya menggunakan FUNGISIDA acrobat untuk tanaman yang masih muda dan untuk tanaman yang sudah tua saya menggunakan FUNGISIDA kontak seperti DACONIL,ANTRACOL,ANTILA.gunakan salah satu saja.

3.BUSUK DAUN: menyebabkan daun seperti tersiram air panas.
Gunakan fungisida seperti untuk mengatasi penyakit busuk batang.


4.BERCAK DAUN:gejala yang ditimbulkan penyakit ini ada bulatan bulatan kecil berwarna hitam dan tengahnya berwarna putih biasanya menyerang daun bagian bawah.
Untuk untuk mencegah ataupun mengatasi penyakit bercak daun bisa menggunakan FUNGISIDA AMISTAR TOP atau fungisida ACROBAT.





5.LAYU FUSARIUM: penyakit ini menyerang akar tanaman cabe gejala awal tanaman cabe layu saat siang hari dan pada waktu pagi atau sore hari tanaman seperti normal tidak layu tapi setelah beberapa hari tanaman akan mati.banyak petani yang gagal panen akibat dari serangan penyakit layu fusarium.
Pencegahan jangan menggunakan lahan bekas tanaman cabe yang pernah terserang penyakit layu fusarium.
Untuk mengatasi penyakit ini Biasanya saya mengocor tanaman yang layu dengan FUNGISIDA ANTILA dengan dosis 1sendok untuk 1liter air agar tanaman yang sehat tidak tertular penyakit ini.





6.BUSUK BUAH:penyakit ini biasanya lebih dulu menyerang pangkal buah dan merambat ke buah hingga buah cabe busuk dan buah cabe akan gugur sedangkan tangkainya tidak ikut gugur.
Saya menggunakan FUNGISIDA ANTILA untuk mengatasi penyakit ini.

7.PETEK:penyakit inilah yang sering menyerang buah cabe.
Penyemprotan FUNGISIDA secara rutin 4hari sekali untuk mencegah penyakit PETEK dengan menggunakan FUNGISIDA ANTILA atau DACONIL dosis tinggi bila tanaman cabe sudah berhenti atau buah sudah ada yang mulia merah.


1.VIRUS:bila tanaman cabe sudah terserang virus produksi akan menurun dan apabila tanaman terserang virus sebelum berbunga tanaman cabe tidak berbuah sama sekali.ciri ciri tanaman cabe terserang virus.
Sebenarnya virus tidak dapat menyerang tanaman cabe bila tidak ada vektor nya seperti trips,kutu kebul,kutu daun dll.
Bila tanaman sudah terserang virus tanaman tidak dapat sembuh.Untuk mencegah serangan virus bisa membasmi vektor nya seperti trips,kutu kebul dan kutu daun.


Sebenarnya masih ada lagi hama maupun penyakit pada tanaman cabe tapi hama dan penyakit diataslah yang sering menyerang tanaman cabe.

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mantaps min informasinya, untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi artikel saya tentang "Hama Dan Penyakit Cabe" atau melalui alamat berikut www.jawatani.com

    ReplyDelete